Sharing Knowledge is the Best


Kurang dari seminggu lagi kita akan memasuki bulan Ramadlan, bulan yang menurut para ulama adalah bulan yang penuh dengan berkah, ampunan dan maghfiroh… tak terasa sepertinya begitu cepat waktu berlalu tak terasa hingga bulan puasa tahun ini  sudah di depan mata.

bulan puasa kali ini mungkin agak berbeda bagi masyarakat madura yang akrap dikenal dengan masyarakat pulau garam. bulan ramadlan tahun ini tahun 1432 H tepat berada pada bulan agustus, dimana pada bulan ini kebetulan bertepatan dengan masa antara tanam dan panen tembakau di pulau madura (karena masa tanamnya tidak bersamaan). walau tidak semua masyarakat madura bertani tembakau akan tetapi suasana ramadlan kali ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, karena sebagian besar masyarakatnya harus ke sawah/tegal untuk merampungkan tani mereka sampai panen disamping itu di madura memang terkenal panas . seperti di ketahui bahwa bertani tembakau memang memerlukan perlakuan khusus dan lebih sulit ketimbang bertani padi, karena bertani tembakau di butuhkan perawatan yang ektra dan harus sering-sring di perhatikan perkembangannya. mudah-mudahan panas terik matahari tidak akan mengurangi nilai ibadah puasa mereka, malahan mudah-muadahan akan menambah nilai puasa mereka dihadapan Allah karena kondisi yang sangat berbeda.

pagi-pagi mereka (petani tembakau madura) harus ke sawah untuk menyiram, memumupuk atau hanya sekedar membersihkan tembakau mereka dari serangan ulat ataupun hama yang lain di tengah panas matahari yang sangat menyengat ditambah lagi mereka harus menahan lapar dan haus secara bersamaan, subhanallah…. mudah-mudahan Allah mencatat amal ibadah puasa mereka dan membalasnya dengan surga yang di dalamnya mengalir air sungai dan tak merasakan haus dan lapar di dalamnya.

mudah-mudahan kegigihan mereka tetap sabar melakasanakan ibadah puasa di tengah terik matahari dan panasnya suhu udara sekitar mendapat pahala yang luar biasa dari Allah SWT.

dan semoga setelah sampai pada batas akhir dari puasa Ramadlan ini mereka dan kita semua menjadi hamba Allah yang kembali ke Fitrah, di ampuni segala dosa kita dan menjadi hamba yang suci seperti baru di lahirkan.. amin yaa Robbal Alamin..,

MARHABAN YA RAMADLAN…

Tag Cloud

%d bloggers like this: