Sharing Knowledge is the Best

Archive for May, 2011

Gallery

Agar Anak anda suka dan pintar Matematika


Alangkah bahagianya orang tua bisa melihat anaknya ahli dalam setiap pelajaran. Yang menjadi masalah bagi anak-anak Indonesia biasanya, tidak menyukai pelajaran-pelajaran yang dianggapnya sulit, misalnya matematika.

Biasanya, orang tua akan mengkursuskan anaknya, untuk orang tua yang mampu. Akan tetapi, Anda sendiri sebenarnya bisa memaksimalkan kemampuan matematika anak-anak Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini tips bagi Anda yang dirangkai dari berbagai sumber.

1. Pastikan Anak anda mengetahui konsep matematika yang ia pelajari.

Jika anak Anda tidak mengetahui dasar dari matematika, maka anak Anda hanya akan mempeelajari matematika dengan hafalan. Padahal, matematika yang dihafal itu tidaklah ada artinya. Anda dapat memberitahukan dasar-dasar matematika pada mereka, sehingga mereka akan mudah memahami soal-soal yang sulit apabila mereka mengetahui dasarnya.

2. Bantulah mereka dengan menyertakan fakta-fakta.

Penguasaan fakta dasar berarti bahwa anak dapat menjawab pertanyaan kurang dari tiga detik. Rumus praktis dapat Anda anjurkan pada anak Anda agar memperoleh respon yang cepat. Apabila anak Anda belum juga bisa memahami berilah contoh yang nyata. Misalnya, menghitung perkalian dengan memisalkan keramik yang ada pada lantai Anda.

3. Ajarkan pada anak Anda menulis angka-angka dengan teliti.

Duapuluh lima persen kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika ditemukan oleh pengajar adalah kesalahan yang dikarenakan ketidaktelitian sang anak dalam menulis angka-angka. Perbaiki ketelitian anak Anda dalam menulis dan mengolah angka-angka dengan cara meneliti ulang apa latihan yang dia kerjakan.

4. Sediakan kebutuhan, yang digunakan anak Anda untuk belajar matematika, dengan cepat.

Matematika adalah sebuah subjek yang semuanya dibangun dari apa yang sebelumnya telah dipelajari. Seabagai contoh, kegagalan dalam mengetahui dasar masalah perhitungan persen biasanya disebabkan oleh sang anak tidak menguasai masalah desimal.

5. Tunjukkan bagaimana cara menyelesaikan masalah pekerjaan rumahnya

Mengerjakan tugas matematika mempertajam ilmu yang didapat dari sekolah untuk dipelajari di rumah. Ajarkan pada mereka untuk memulai mengerjakan tugas tersebut, dengan membuka buku atau mengulang pelajaran dan contoh-contoh yang telah diberikan oleh guru mereka lewat pelajaran sebelumnya disekolah. Jika kurang jelas, jelaskan padanya sampai ia bisa mengerti.

6. Dorong mereka untuk mengerjakan soal lain.

Jika guru hanya memberikan soal-soal tertentu saja, berilah pada anak Anda contoh soal yang lain. Ingat, semakin anak Anda banyak berlatih makin semakin cepat mereka membentuk kemampuan dan kepercayaan diri mereka.

7. Jelaskan bagaimana cara menyelesaikan masalah soal cerita.

Matematika mempunyai ekspresi, untuk belajar memecahkan masalah, Anda harus memecahkan masalah. Ajarkan pada anak Anda membaca soal cerita berkali-kali. Juga, suruhlah dia untuk menggambarkannya dalam bentuk soal matematika atau diagram.

8. Bantulah anak Anda mempelajari tata bahasa matematika.

Mereka tidak akan dapat matematika secara nyata, tidak pula mempelajari konsep yang lebih menantang tanpa mengetahui tata bahasanya. Periksalah bahwa anak Anda dapat menemukan dan mengikuti masalah yang baru atau bab baru. Jika tidak, ajarkan padanya untuk menggunakan model atau contoh dan masalah yang sederhana terlebih dahulu.

9. Ajarkan pada mereka untuk mengerjakan metematika ?di luar kepala”

Anak-anak kecil harus banyak menyelesaikan masalah perhitungan dengan menggunakan pensil dan kertas. Ketika membantu anak Anda menyelesaikan sebuah soal, bantulah mereka dengan mendiktekannya tanpa harus menuliskannya, sehingga anak akan berlatih menulis matematika sesuai apa yang dibayangkan.

10. Jadikanlah matematika bagian dalam hidup anak Anda.

Matematika akan lebih berarti ketika anak Anda melihat bagaimana pentingnya matematika dalam kehidupan ini, dan dapat dilihat dimana-mana. Dorong mereka menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, tanyakan pada mereka jarak suatu tumbuhan baru ke suatu titik tertentu.

 

sumber  : berbagai sumber

Advertisements
Gallery

Tips cepat Menghitung Pembagian


Berikut ada beberapa trik yang cukup menarik hanya dengan menggunakan model perkalian dan kemudian dengan membaginya dengan kelipatan angka 10. Perhatikan penjelasan berikut ini :

 

  1. Untuk membagi bilangan yang dibagi 125, caranya yaitu kalikan bilangan tersebut dengan 8, kemudian bagilah dengan 1000.  misalnya; 7000/125 = (7000 x 8)/1000 = 56.
  2. Untuk membagi bilangan yang dibagi 50, caranya; kalikan 2 dan bagi 100.contoh ; 300/50 = (300 x 2)/100 = 6.
  3. Untuk membagi bilangan yang dibagi 500, kalikan 2 kemudian bagi 1000.contoh; 7500/500 = (7500×2)/1000 = 15.
  4. Untuk membagi bilangan yang dibagi 5, kalikan 2 kemudian bagi 10. contoh; 35/5 = (35×2)/10 = 7.
  5. Untuk membagi bilangan yang dibagi 25, kalikan 4 kemudian bagi 100.contoh; 3700/25 = (3700×4)/100= 148.
  6. Untuk bilangan yang dibagi dengan 250, kalikan 4 kemudian bagi 1000.
  7. Untuk bilangan yang dibagi dengan 16 2/3, kalikan 6 kemudian bagi 100.
  8. Untuk bilangan yang dibagi dengan 33 1/3, kalikan 3 kemudian bagi 100.
  9. Untuk bilangan yang dibagi dengan 166 2/3, kalikan 6 kemudian bagi 1000.
  10. Untuk bilangan yang dibagi dengan 333 1/3, kalikan 3 kemudian bagi 1000.
  11. Untuk bilangan yang dibagi dengan 6 2/3, kalikan 15 kemudian bagi 100.
  12. Untuk bilangan yang dibagi dengan 66 2/3, kalikan 15 kemudian bagi 1000.
  13. Untuk bilangan yang dibagi dengan 8 1/3, kalikan12 kemudian bagi 100.
  14. Untuk bilangan yang dibagi dengan 83 1/3, kalikan dengan12 kemudian bagi 1000.
  15. Untuk bilangan yang dibagi dengan 6 1/4, kalikan dengan16 kemudian bagi dengan100.
  16. Untuk bilangan yang dibagi dengan 62 1/2, kalikan dengan16 kemudian bagi dengan1000.
  17. Untuk bilangan yang dibagi dengan 18 3/4, kalikan dengan16, bagi 3, kemudian bagi 100.
  18. Untuk bilangan yang dibagi dengan 37 1/2, kalikan dengan8 bagi 3, kemudian bagi 100.
  19. Untuk bilangan yang dibagi dengan 87 1/2 bagi 7, kalikan 8 kemudian bagi 100.
  20. Untuk bilangan yang dibagi dengan 75 bagi dengan 3, kalikan 4 kemudian bagi 100.
Gallery

Tips Perkalian puluhan mendekati 100


Ini nih, tips buat kita yang ingin mahir dengan matematika.
(tambahan buat temanku yang lagi belajar perkalian,salam buat abdan dan abinya juga nisa)
Trik Matematika kali ini adalah mengalikan 2 buah bilangan di bawah dan dekat dengan angka 100.
Kita akan menghitung hasil dari : 87 x 98 = ?
Cara perhitungannya adalah :
1. 87 adalah 13 di bawah 100.
2. 98 adalah 2 di bawah 100.
3. Buatlah selisih secara menyilang. Selisih dari “87 dengan 2? adalah 85 dan selisih dari “98 dengan 13? adalah 85 juga.
4. Hasil sementara adalah 85 …
5. Kemudian 13 x 2 = 26
6. Hasil akhirnya adalah gabungan dari 85 dan 26, yaitu 8526.
Cukup Mudah Bukan !!!
Oke.. Sekarang Mari kita coba untuk menghitung bilangan berikut : 85 x 97 = ???
1. 85 adalah 15 di bawah 100.
2. 97 adalah 3 di bawah 100.
3. Kita buat selisih secara menyilang. Selisih dari “85 dengan 3? adalah 82 dan selisih dari “97 dengan 15? adalah 82 juga.
4. Hasil sementara adalah 82 …
5. Kemudian 15 x 3 = 45
6. Hasil akhirnya adalah gabungan dari 82 dan 45, yaitu 8245. Betul nggak??
Gallery

Super Komputer Canggih Milik Nasa


Superkomputer yang dibuat di Naval Oceanographic Office Major Shares Resource Center, Mississippi ini menggunakan 3.000 mikroprosesor 64 bit dengan kemampuan setara 368 buah komputer desktop yang digabung menjadi satu.

 

“Kalau sudah selesai, superkomputer yang menggunakan operating system (OS) Unix IBM alias AIX ini akan memiliki kecepatan 20 teraflop atau setara dengan 20 triliun penghitungan matematik per detik,” terang Debra Goldfard, wakil presiden produk IBM. “Kemampuannya itu seperti kuda yang sedang berlari kencang,” imbuhnya. Dengan kecepatan itu, kita bisa menghitung deretan angka yang bila dilakukan dengan kalkulator makan waktu 1,2 juta tahun. Sedangkan dengan superkomputer ini, hanya butuh waktu 1 detik.

Sementara itu, para ilmuwan NASA menggandeng perusahaan dari Lembah Silikon untuk menciptakan superkomputer dengan OS Linux. Kalau sudah selesai nanti, superkomputer berjulukan Space Exploration Simulator itu akan mempunyai kemampuan mengolah informasi 10 kali lebih cepat dibanding superkomputer yang saat ini dimiliki oleh NASA.

“Superkomputer baru ini nantinya memungkinkan para ilmuwan menjalankan simulasi model komputer yang rumit. Seperti penelitian formasi planet atau fisika matahari, atau perhitungan pesawat ulang-alik yang kembali ke bumi,” terang Walter Brooks, kepala divisi NASA Advanced Supercomputing (NAS).

Ames Research Center NASA di Mountain View, California yang menjadi markas besar NAS tengah membuat superkomputer baru sebagai bagian kerjasama Project Columbia yang dibantu Silicon Graphics, Inc. (SGI) dan produsen ternama prosesor komputer Intel.

Superkomputer ini akan menghubungkan 20 komputer canggih SGI Altix, yang masing-masing memiliki 512 prosesor, dilengkapi dengan 500 terabyte media penyimpan (storage) lokal. Setelah semua komputer tersebut dihubungkan, sejumlah 10.240 prosesor Intel Itanium 2 akan mentenagai superkomputer Space Exploration Simulator ini untuk melakukan berbagai penelitian. Seperti pemodelan pesawat ulang-alik, perubahan iklim, keselamatan penerbangan luar angkasa dan aeronautika.

“Ini memungkinkan NASA memproses misi kritis penerbangan yang kembali ke bumi atau pergi, sembari membangun pondasi kokoh eksplorasi ruang angkasa masa depan,” terang Administrator NASA Sean O’Keefe.

Saat menyelidiki penyebab kecelakaan pesawat ruang angkasa Columbia misalnya. Aktivitas tersebut hampir mengambil sebagian besar kemampuan pemrosesan superkomputer NASA sehingga penelitian sains luar angkasa dan bumi sempat terpinggirkan.

Dengan superkomputer baru ini, tugas penanganan keselamatan pesawat ulang-alik dan riset sains bisa dilakukan sekaligus oleh superkomputer. Bahkan, NASA merencanakan memberi porsi akses tertentu kepada komunitas ilmuwan dan insinyur di luar NASA untuk melakukan penelitian mereka sendiri dengan menggunakan superkomputer Space Exploration Simulator.

Spesifikasi:

Manufacturer – SGI
Nodes Type Speed Cache
1 Altix 4700 (512 cores) Montecito 1.6 GHz 9MB
1 Altix 4700 (2048 cores) Montecito 1.6 GHz 9MB
2 Altix 4700 (1024 cores) Montvale 1.6 GHz 9MB
4 Total Compute Nodes (4,608 Total Cores)

System Architecture
* 40 compute node cabinets
* 30 teraflop/s theoretical peak (Original 10,240 system – 63 Tflop/s)

Subsystems
* 2 front-end nodes

Memory
* Type – double data rate synchronous dynamic random access memory (DDR SDRAM)
* Per Processor (core) – 2GB
* Total Memory – 9TB

Interconnects
* NUMALink interconnected single-system image compute nodes
* Internode
o InfiniBand – 4x (Single Data Rate, Double Data Rate)
o 10Gb Ethernet LAN/WAN interconnect
o 1Gb Ethernet LAN/WAN interconnect

Storage
* Online – DataDirect Networks & LSI RAID, 1PB (raw)
o 1 SGI CXFS domains
o Local SGI XFS fileystems
* Archival – Attached to high-end computing SGI CXFS SAN filesystem

Operating Environment
* Operating system – SUSE Linux Enterprise
* Job Scheduler – PBS
* Compilers – Intel Fortran, C, SGI MPT

 

 

Gallery

Perkalian 3 digit yang lain (permintaan teman)


karena permintaan temanq (Abira) akhirnya aku harus posting lagi artikel yang sama dengan contoh yang berbeda
perkalian tida digit

contoh
321
543
___ x

langkah 1
3 x 1 = 3 tulis 3

langkah 2
3 x 2  + 4 x 1 = 6+4=10 tulis 0 simpan 1

langkah 3
3 x 3  +  5 x 1  + 2 x 4 =
9    +    5    +   8   = 22+1(langkah 2)
= 23 tulis 3 simpan 2
langkah 4
4 x 3 + 5 x 2 = 12+10    =22+2(langkah 3) = 24 tulis 4 simpan 2

langkah 5
5 x 3 = 15+2(langkah 4) =17

jadi kalau semua di gabungkan

174303

bagaimana sudah jelas bukan ?

coba contoh lain dong

selamat mencoba dan semoga mendapat pencerahan

mohon sharing kalau ada tips yang lain

Gallery

Tips Perkalian yang lain


Trik ini akan sangat berguna bagi Anda, Adik anda yang masih duduk di bangku sekolah dan Anak Anda…si kecil bakal keliatan sangat pinter lho bro and sis…
Kalo mereka pinter kita juga yang bangga

Ok ayo kita mulai

1. Perkalian 9, 99, atau 999

Mengalikan dengan 9 sebenarnya adalah mengalikan dengan 10-1.

Jadi, 9×9 sama saja dengan 9 x (10-1) = 9×10-9 = 90-9 = 81.

Ayo coba contoh yang lebih sulit:

46×9 = 46× (10-1) = 460-46 = 414.

Satu contoh lagi:

68×9 = 680-68 = 612.

Untuk perkalian 99, artinya kita mengalikan dengan 100-1.

Jadi, 46×99 = 46 x (100-1) = 4600-46 = 4554.

Kalo udah gitu, kalian semua pasti tahu bahwa perkalian 999 sama dengan perkalian 1000-1

38×999 = 38 x (1000-1) = 38000-38 = 37962.

Masih bisa ngikuti? ayo kita lanjut

2. Perkalian 11

Perkalian 11 artinya kita menjumlahkan sepasang angka, kecuali bagi angka yang ada di bagian ujung

Lebih jelasnya gw jelasin di bawah ini :

untuk perkalian 436 dengan 11 mulailah dari kanan ke kiri (selalu dari kanan ke kiri ya)

Pertama tulis 6 lalu jumlahkan 6 dengan angka di sebelahnya yaitu 3 sehingga didapatkan angka 9

Tuliskan 9 disebelah kiri 6.

Lalu jumlahkan 3 dengan 4 untuk mendapat angka 7. Tuliskan angka 7.

Terakhir tuliskan angka yang paling kiri yaitu 4.

Jadi, 436×11 = 4796.

Ayo kita buat contoh yang lebih sulit: 3254×11.

(3)(3+2)(2+5)(5+4)(4) = 35794.

Ingat selalu mulai dari kanan ke kiri yak!

Sekarang contoh yang lebih sulit lagi: 4657×11.

(4)(4+6)(6+5)(5+7)(7).

Mulai dari kanan tuliskan angka 7.

Lalu 5+7=12.

Tuliskan 2 dan simpan angka 1.

6+5 = 11, tambah 1 yang tadi kita simpan = 12.

Sekali lagi tuliskan 2 dan simpan 1.

4+6 = 10, tambah 1 yang tadi kita simpan = 11.

So, tuliskan 1 dan simpan 1.

Terakhir angka paling kiri, 4, tambahkan dengan 1 yang tadi kita simpan.

Jadilah, 4657×11 = 51227 .

Hehehe, mantepkan? ini masih ga terlalu sulit…ayo jalan lagi

3. Perkalian 5, 25, or 125

Perkalian dengan 5 sama saja mengalikan dengan 10 lalu di bagi 2, CATATAN : Untuk perkalian dengan 10 cukup tambahkan 0 di dibagian belakang angka

Contoh : 1000 x 5 = 5000

Lagi, 12×5 = (12×10)/2 = 120/2 = 60.

Contoh yang lain:

64×5 = 640/2 = 320.

Juga, 4286×5 = 42860/2 = 21430.

Untuk perkalian 25, sama saja kita kalikan dengan 100 (tambahkan dua angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 4. CATATAN : Untuk pembagian dengan 4, kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak dua kali

64×25 = 6400/4 = 3200/2 = 1600.

58×25 = 5800/4 = 2900/2 = 1450.

Untuk perkalian 125, sama saja kita kalikan dengan 1000 (tambahkan tiga angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 8. CATATAN : Untuk pembagian dengan 8, kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak tiga kali

32×125 = 32000/8 = 16000/4 = 8000/2 = 4000.

48×125 = 48000/8 = 24000/4 = 12000/2 = 6000.

Mudah kan? hehehe melangkah lagi!

4. Mengalikan dua bilangan yang mempunyai selisih 2, 4, atau 6

Untuk perkalian seperti ini gw langsung kasi contoh ya

Ambil contoh : 12×14. (14 – 12 = 2…jadi metode ini bisa dipakai)

Pertama kita cari angka tengah antara 12 dan 14…So,

12

13

14

(artinya 13 adalah angka tengah), berikutnya kita tinggal membuat perkalian 13 x 13 lalu di kurangi 1…

12×14 = (13×13)-1 = 168.

16×18 = (17×17)-1 = 288.

99×101 = (100×100)-1 = 10000-1 = 9999

Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 4, sama seperti tadi kita cari angka tengahnya…buat pemangkatan, lalu kurangi dengan 4,
Ok ini contohnya :

11×15 = (13×13)-4 = 169-4 = 165.

13×17 = (15×15)-4 = 225-4 = 221.

Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 6, sama seperti tadi kita cari angka tengahnya…buat pemangkatan, lalu kurangi dengan 9,
Ok ini contohnya :

12×18 = (15×15)-9 = 216.

17×23 = (20×20)-9 = 391.

Hehehe…trik ini bisa di pakai bukan hanya untuk belasan tapi bisa sampai ribuan…

Masih ada trik lagi….ntar gw sambung…
Tengkyu all

Naaah sudah makan…sudah kenyang…sekarang kita sambung lagi pelajaran kita….hehehehehe

5. Pemangkatan bilangan puluhan yang berakhiran 5

Untuk yang ini bener2 gampang kok..

Contoh kita mau ngitung berapakah 35 x 35

Kita tinggal mengalikan 3 x 4 = 12 (angka 4 di dapat dari 3 tambah 1)
Kemudian 5 x 5 = 25
Jadi 35 x 35 = 1225

Mudahkan?
Contoh lagi : 65 x 65
Kalikan 6 x 7 = 42 (angka 7 di dapat dari 6 tambah 1)
Kemudian 5 x 5 = 25
Jadi 65 x 65 = 4225

Dari situ kita tahu bahwa pemangkatan bilangan puluhan berakhiran 5 pasti angka belakangnya 25

So 85 x 85 = 7225 (tahukan dari mana dapetinnya?)

6. Perkalian puluhan dimana digit pertama adalah sama dan jumlah digit kedua adalah 10

Contohnya kita ingin mengalikan 42 x 48…
Disini terlihat bahwa digit pertama puluhan di atas adalah sama yaitu 4
sedangkan jumlah dari digit kedua adalah 2 + 8 = 10

Cara cepatnya sederhana saja :
Kita kalikan 4 dengan 4+1 Jadi gini hasilnya 4 x (4+1) = 4 x 5 = 20
Tuliskan angka 20

Lanjut lagi kalikan 2 dengan 8 Jadi gini hasilnya 2 x 8 = 16
Tuliskan angka 16

Jadilah 42 x 48 = 2016

Gampang kan? contoh lagi
64 x 66

Kita buat
6 x (6+1) = 6 x 7 = 42
6 x 4 = 24
Hasilnya
64 x 66 = 4224

Masih bingung?
Contoh lagi :
83 x 87

Rumusnya
8 x (8+1) = 8 x 9 = 72
3 x 7 = 21
Hasilnya
83 x 87 = 7221

Ok bro and sis? hehehehe ajarkan ini ke putra putri anda
Nah untuk yang berikut ini agak sedikit rumit…tapi kalo disimak bisa kok bro

7. Pemangkatan Puluhan
Ini perlu sedikit konsentrasi

Ambil contoh kita ingin melakukan pemangkatan 58 alias 58 x 58

Langkah 1 :
Kalikan 5 dengan 5, 5 x 5 = 25
Kalikan 8 dengan 8, 8 x 8 = 64
Tuliskan ke dua hasil tadi dan jadilah 2564

Langkah 2 :
Kalikan 5 dengan 8 = 40
Gandakan hasil tersebut, 40 x 2 = 80
Tambahkan 1 angka 0, jadilah 800

Langkah 3 :
Jumlahkan 2564 dengan 800, 2564 + 800 = 3364
Itulah hasilnya

58 x 58 = 3364

Hehehe….masih bingung?
yuk contoh lagi yuk

32 x 32

Langkah 1 :
3 x 3 = 9 —-> tapi tuliskan 09 ya supaya 2 digit bisa tercipta
2 x 4 = 4 —-> tapi tuliskan 04 ya supaya 2 digit bisa tercipta
Kedua hasil di tulis menjai 0904

Langkah 2 :
3 x 2 = 6 GANDAKAN 6 x 2 = 12
Tambahkan satu 0 dibelakangnya dan jadilah 120

Langkah 3 :
120 + 0904 —-> artinya 120 + 904 = 1024
Itulah hasilnya

32 x 32 = 1024

Mantep kan?
Mau coba lagi?
Boleh!

67 x 67

6 x 6 = 36
7 x 7 = 49
3649

6 x 7 x 2 = 84 tambah satu 0 jadi 840

3649 + 840 = 4489

Sehingga 67 x 67 = 4489

TOP!

Masih ada lagi ….
tapi gw kerja dulu ya coy…
hehehehe see ya

8. Kalikan dengan 2, bagi dengan 2

Kalau anak2 kita mengalami kesulitan pengalian yang besar kita bisa ajarkan ke mereka untuk membagi dengan 2 dan mengalikan dengan 2

Ini contohnya : kita ingin mengalikan 14 x 16
Maka yang kita lakukan adalah…kalikan salah satu (antara 14 atau 16) dengan 2, dan bagikan salah satu (14 atau 16) dengan 2, hingga kita mendapatkan perkalian yang mudah

14×16 = 28×8 = 56×4 = 112×2 = 224.

Contoh lain: 12×15 = 6×30 = 180

48×17 = 24×34 = 12×68 = 6×136 = 3×272 = 816.

Pada dasarnya lebih mudah menghitung 6 x 30 dari pada 12 x 15 kan?
Lebih mudah menghitung 122 x 2 dari pada 14 x 16

Untuk No.4 s/d 7 diatas ada yang lebih simple.

COntoh:

46 x 85

4 6
8 5 x
——
3 9 1 0

caranya:
1. 6 x 5 = 30 ——–> diambil 0 saja (sedang 3 disimpan)
2. Dikali silang (6*8)+(4*5) = 48 + 20 plus 3 = 71 ———> diambil 1 saja (sedangkan 7 disimpan)
3. 4 x 8 = 32 plus 7 = 39 ———-> diambil semuanya 39
4. jadi dari step 1 s/d 3, jika diurut terbalik menjadi 3910

Simpelkan, ini berlaku untuk semua perkalian 2 angka (puluhan dengan puluhan) tanpa perduli berapapun angkanya.

Semoga bisa membantu minat belajar matematika, karena pastinya kita punya sesuatu yg lebih dari teman2 yang lain.

Gallery

perkalian kilat metode Trachtenber


Entri Blog Sistem Kilat Matematika Dasar Metode Trachtenber Mar 12, ’11 5:12 PM
untuk

Barusan saya habis nonton video hitung cepat joe sandy di youtube… sempat heran ngeliat dia bisa menghitung 8574+6156.7344214445-1234567890 dalam waktu 15 detik. sebenarnya dipikiran saya ada dua kemungkinan .. pertama si joe nya memang sebelumnya sudah menghitung angka-angka tersebut kemungkinan kedua dia menggunakan trik.

Akhirnya setelah surfing lewat google ketemulah beberapa trik perhitungan cepat salah satunya adalah sistem perhitungan kilat Trachtenber atau kadang di sebut sebagai stenografi matematika. kelebihan metode ini dibanding metode perhitungan yang lainnya adalah metode ini hanya memerlukan kemampuan kita untuk menghitung bilangan dari 1 sampai 11 saja dengan meniadakan pembagian panjang dan menghilangkan daftar perkalian.

rumus:

Perkalian dengan 11

dilakukan hanya dengan menambahkan digit dengan digit disebelahkananya

misal: 3425 x 11 = (0+3) (3+4) (4+2) (2+5) (5+0) = 37675

atau dengan cara

* angka terakhir dari bilangan yang dikalikan ditulis sebagai angka paling kanan dari jawabannya
* tiap angka selanjutnya ditambahkan pada angka di sebelah kanan itu
* angka pertama bilangan yang dikalikan menjadi angka paling kiri pada jawabannya

misal: 23 x 11

Hanya perhatikan bilangan 23 saja.

Tuliskan 3 di paling kanan: **3

Tambahkan 3 + 2 = 5 : *53

Tuliskan 2: 253 (Selesai)

misal lagi : 633 x 11

Hanya perhatikan bilangan 633 saja.

Tuliskan 3 di paling kanan: ***3

Tambahkan 3 + 3 = 6 : **63

Tambakan 6 + 3 = 9: *953

Tuliskan 6: 6963 (selesai)

Perkalian dengan 12

mulai dari digit yang paling kanan, kalikan dengan 2 lalu tambahkan dengan digit sebelah kananya (tetangganya).

jika hasilnya lebih dari 1 digit simpan extra digit tadi untuk operasi berikutnya.

misal : 316 x 12

tambahkan 2 angka 0 pada perkalian karna perkalian dengan 12 mempunyai 2 digit -> 00316 x 12

digit 6 tidak mempunyai tetangga

digit 1 mempunyai tetangga 6

digit 3 mempunya tetangga 1

digit 0 mempunyai tetangga 3

digit 0 mempunyai tetangga 0

6 x 2 =12 (ambil 2 aja simpan 1 untuk ditambahkan di operasi berikutnya )

1 x 2 + 6 = 8 di tambah 1 yang disimpan tadi jadi = 9

3 x 2 + 1 = 7

0 x 2 + 3 = 3

0 x 2 + 0 = 0

jadi 316 x 12 = 3792

Tag Cloud