Sharing Knowledge is the Best


Sekarang kita akan membahas Tips dan Trik Perkalian 11. Percayalah matematika itu adalah pelajaran yang paling simpel, bila kalian tahu tekniknya.

Oke kita kita mulai yaaa….

Pertama, perkalian 11 dengan 1 angka (istilah gaulnya satu dijit, atau juga satuan). Ini mudah sekali, kalian tinggal jajarkan saja angka itu sebanyak dua buah. Misalnya :

Contoh soal 1 : 11 x 2,
maka jawabannya adalah kalian jajarkan angka yang dikalikan dengan 11 itu sebanyak 2 buah, dalam soal ini adalah angka 2 dijajarkan dua buah yaitu : 22

Contoh soal 2 : 11 x 5
maka hasilnya adalah 5 dijajarkan dua buah, hasilnya adalah 55

Mudah kan? bila kalian ragu dengan jawabannya silakan gunakan Teknik Memencet Kalkulator untuk memeriksa hasilnya…

Contoh soal 3 : 11 x 9
maka hasilnya adalah 9 dijajarkan dua buah yaitu : 99.

Mudahkan ?!

Oke sekarang  juriantoarpam akan menaikkan levelnya ke level lebih tinggi yaitu Perkalian angka 11 dengan 2 angka (istilah kerennya adalah dua digit, atau juga puluhan). Hasil perkaliannya adalah kalian tinggal menjumlahkan angka yang dikalikan dengan 11 itu kemudian hasilnya sisipkan ditengah-tengah angka itu. Terlihat membingungkan ya? Agar lebih jelas kita langsung ke contoh soal atau TKP.

Contoh soal 4 : 11 x 21
maka hasilnya adalah penjumlahan dari angka yang dikalikan dengan 11, pada soal ini yaitu penjumlahan 2 dengan 1 (hasilnya 3) kemudian simpan hasilnya ini (angka 3) diantara angka yang dikalikan dengan angka 11 tersebut (21). Maka hasilnya adalah 231.

Contoh soal 5 : 11 x 35
maka hasilnya adalah penjumlahan 3 + 5 ( 8 ) dan hasilnya simpan diantara 3 dan 5. Jadi hasilnya adalah 385.

Contoh soal 6 : 11 x 72
maka hasilnya9 adalah penjumlahan 7 + 2 ( 9 ) dan hasilnya simpan diantara 7 dan 2. Jadi hasilnya adalah 792.

Catatan. teknik ini berlaku bila hasil penjumlahan angka yang dikalikan dengan 11 berada dibawah sepuluh. Bila penjumlahannya diatas sepuluh, teknik yang digunakannya berbeda pula, bukan teknik ini, dan akan dibahas di tulisan yang lain

Mengertikah? Mudah-mudahan apa yang saya jelaskan disini mudah dimengerti.

Tag Cloud

%d bloggers like this: