Sharing Knowledge is the Best


Instalasi Windows Menggunakan Flash Disk

USB flash drive

Image via Wikipedia

Flashsdisk ternyata tidak hanya digunakan sebagai media penyimpan data saja, belakangan banyak kalangan menggunakan flashdisk sebagai media untuk menginstal windows (OS) darinya. Solusi yang jelas praktis dan murah. Akan tetapi tentunya harus dipastikan bahwa BIOS laptop yang ingin diinstal mendukung booting melalui flash disk, dan nyaris semua produk mendukung hal ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita tinggal memasukkan flash disk yang berkapasitas lebih dari 1 GB kemudian copy paste file komponen Windows dari CD room lalu kemudian flash disk tersebut dapat menginstal windows pada PC dan laptop/ notebook?? Oooo… tunggu dulu, tidak segampang itu. Flash disk harus diberi system. Nah.. apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana caranya, silahkan ikuti petunjuk berikut :

1. Anda harus mendownload di bawah ini dulu

USB_PREP8

Petousb

bootsect.exe

– Kemudian sediakan CD program/master Windows XP

2. Setelah download semua kebutuhan di atas, berikut langkah-langkahnya:

– Ekstrak Bootsect.exe, USB_prep8 dan PeToUSB.

Copy-Paste PeToUSB.exe ke folder USB_prep8.

– Doble klik usb_prep8.cmd yang ada di dalam folder USB_prep8

3. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk

konfirmasi

4. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash diskAnda.

Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan Anda

Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5

Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.

Tekan 2 lalu enter. Masukkan huruf yang belum terpakai untuk nama drive di komputer (biasanya c,d,e,f sudah terpakai) untuk virtual drive

Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain

Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.

Oke! Proses selesai. USB sudah bisa dipakai untuk melakukan instalasi Windows XP. Jangan lupa setup boot manager di BIOS untuk boot dari USB.

Terus ketika instalasi, pilih nomer 2 dulu untuk text mode setup. Proses instalasi seperti instalasi XP biasa. Setelah selesai pilih pilihan nomer 1 untuk melanjutkan instalasi Windows XP.

Tapi jangan dicabut dulu usb sampai proses instalasi selesai.

OK SELAMAT MENCOBA… GOOD LUCK

Diposkan oleh Juriantoarpam

Label: Flash Disk, komputer, Sistem Operasi windows

Tag Cloud

%d bloggers like this: