Sharing Knowledge is the Best


 

 

Tips Menghindari Stress Dalam Berumah Tangga

 

Tidak sedikit dari kita yang kadang-kadang bermasalah dalam keluarga, hal ini normal karena memang dalam keluarga di bangun oleh dua insan yang berbeda jenis dan berbeda karakter….

Banyak orang yang menghindari untuk segera menikah dikarenakan mereka merasa malas untuk menghadapi berbagai macam masalah dalam rumah tangga. Memang, kita tidak dapat memungkiri bahwa dengan menikah, akan banyak sekali tambahan beban hidup yang sedianya akan menjadi sederet daftar masalah yang membutuhkan solusi tepat untuk mengatasinya. Namun apakah semua itu akan membuat kita selalu stuck di tempat dan tak beranjak untuk segera melepas masa lajang? Sungguh, dengan menikah dan berumah tangga hidup kita akan terasa lebih hidup dan berwarna. Tidak ada kegelisahan, tidak ada kegalauan! Gak percaya?

Berbagai masalah dalam rumah tangga memang banyak sekali faktor penyebabnya. Dan kalau mau kita renungkan, di dunia ini mana ada sih orang yang gak ditimpa masalah? Di setiap fase kehidupan kita, sangat sering kita bertemu dengan masalah-masalah pelik. Namun, ajaibnya terkadang kita lupa bahwa walau bagaimanapun kita selalu menemukan solusi dan jalan keluar dari masalah tersebut.

Nah, begitu juga dengan hidup berumah tangga. Karena kehidupan rumah tangga juga merupakan salah satu fase kehidupan yang harus kita hadapi. Untuk itu, seyogyanya kita tak perlu begitu stress dalam memikirkan semua masalah itu. Mungkin anda pernah merasakan kesulitan keuangan? Repot karena belum punya rumah sendiri? Anak yang terus merengek minta jajan? Dan lain sebagainya. Belum lagi konflik yang mungkin menjadi momok menakutkan dan dapat membuat krisis kehidupan rumah tangga anda. Wah, jujur saja kalau mau terus diingat-ingat semua masalah itu justru akan membuat kita semakin stress dan depressi.

Lalu bagaimanakah solusinya agar kita tidak stress dalam berumah tangga?

  1. Stay cool. Artinya tetaplah tenang ketika menghadapi masalah. Biasanya, orang akan tertimpa stress, ketika orang tersebut terlalu begitu memikirkan masalah tersebut sehingga membuat kehidupannya gak normal. Misalnya, ketika terlilit hutang yang banyak, biasanya orang jadi galau dan hidupnya gak tenang, makan gak enak dan tidur pun tak nyenyak. Nah, kalau kaya gini lebih baik stay cool aja deh, tentunya sambil cari solusinya. Walau bagaimanapun, semua masalah akan datang silih berganti. Siapa tahu kan dengan pikiran yang tenang, otak kita akan mudah dalam mencari solusi.
  2. Jaga emosi. Percaya gak kalau seseorang lagi punya masalah, entah itu masalahnya apa! Bawaan  orang tersebut tuh pengennya marah terus sama orang lain. Entah itu pasangannya, anaknya atau orang-orang terdekatnya. Jadi, tetep jaga emosi anda ketika sedang mempunyai masalah. Jangan biarkan emosi anda meledak-ledak dan membuat suasana menjadi panas. Lebih baik salurkan emosi anda ke hal-hal yang bermanfaat aja deh!
  3. Komunikasikan. Ketika ada masalah, mending lebih baik jangan dipendam sendiri. Ceritakan pada orang terdekat supaya anda lega dan siapa tahu mereka bisa memberikan solusinya.
  4. Cari akar masalah. Satu masalah pasti tak akan datang tanpa sebab. Supaya mudah dalam mencari solusi, lebih baik tentukan dulu akar permasalahannya.
  5. Refreshing. Apabila beban masalah sudah memuncak, ambillah jeda untuk sekedar menghirup udara segar supaya stress berkurang.
  6. Berdo’a. Ini cara terakhir ketika masalah sudah buntu. Maka mau kepada siapa lagi meminta jalan keluar kalau bukan sama Yang Maha Kuasa?
About these ads

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: